Khamis, 16 November 2017

Ustaz Abdul Somad


Ustaz Abdul Somad di lahir di Pekanbaru, Riau, Indonesia pada  18 Mei 1977 (umur 40 tahun) adalah seorang pendakwah dan ulama berasal dari Pekanbaru, Riau yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadits dan ilmu fekah.  Selain itu, ia juga banyak membahas mengenai nasionalisme dan berbagai masalah terkini yang sedang menjadi pembahasan hangat di kalangan masyarakat. Namanya dikenal publik karena Ilmu dan kerja beliau dalam memberikan penjelasan dalam menyampaikan dakwah yang disiarkan melalui saluran ‘You tube’.  Ustaz Abdul Somad pada masa ini bertugas sebagai pensyarah di Universiti Islam Negeri Sultan Syarif Kasim  Riau.
Tahun 1998, beliau merupakan salah satu dari 100 orang yang menerima biasiswa yang dibuka oleh pemerintah mesir untuk orang indonesia belajar di Universiti Al-Azhar mengalahkan 900 orang yang lainnya yang mengikuti ujian untuk mendapatkan biasiswa tersebut. Abdul Somad mendapatkan gelar Lc-nya dalam waktu tiga tahun 10 bulan.

Kemudian pada tahun 2004, kerajaan Maghribi menyediakan 15 biasiswa bagi pendidikan S2 di Dar Al-Hadits Al-Hassania Institute yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan perincian 15 orang Maghribi dan lima orang untuk asing. Abdul Somad pun terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan 5 orang asing tersebut melalui jalur biasiswa S2 yang diselesaikannya dalam waktu satu tahun 11 bulan.

Tiada ulasan: